Senin, 25 Agustus 2014

Belajar No Jutsu



*Jutsu? Waah lagi ngomongin kesukaan lu yah? Si Naruto..
            Aaah, kenapa ngomongfin Naruto sih? L
*Ko sedih?
            Iya, soalnya kita belumdownload episode terbarunya, kan penasaran sama kelanjutan ceritanya.. T_T
*Gubrak!!! Gitu aja di sedihin, udah ah, lanju ke pembahasan awal. Itu belajar no jutsu maksudnya apa?
            Iya iya (ngusap air mata). Ok, maksud dari belajar no justu adalah cara top dan trik supaya belajarnya ga bosen, ngebetein, dan malas..
*waah waah… mau mau, apa aja justunya? Eh tapi, gua kan bukan shinobi kaya Naruto and Friend.. L
            Jangan khawatir, ini bukan jutsu yang di lakukan Naruto and Friend, ini Cuma beberapa cara dan trik aja. Ok, penasaran kan? Ayo kita ke cara yang pertama.. >_^
1.      Niat
Ya iyalah, itu adalah hal pokok segala aktivitas yang kita lakukan. Ga mungkin kan, kalo kita mau jadi juara 1 di lomba cerdas cermat se ibu kota, tapi kita sendiri ga punya niat untuk belajar, latihan untuk berkonsentrasi dan belajar trik-trik jitu supaya bias menangin lomba itu, hfft _-“.
Jadi , kalau kamu mau sukses dalam segala aktivitas yang kamu lakuin, termasuk belajar, kamu harus punya NIAT. Tapi, belajarnya jangan terpaku pada pelajaran di sekolah aja. Tapi bias belajar berbagai macam hal, seperti belajar AL-QUR’AN, bersandiwara, nyanyi, bahsa asing, pokonya masih banyak yang lainnya. Semuanya tergantung minat diri kita sendiri. Tapi, niat juga jangan asal niat aja, kita harus punya semangat, yo.. kita bahas di jutsu selanjutnya..
2.      Semangat
Yoosh, semangat, semangat, semangat. Semangat adalah salah satu dorongan untuk diri kita agar dapat mencapai tujuan yang kita inginkan. Semangat datangnya bisa dari mana aja, bisa dari diri kita sendiri yang sangat menginginkan tujuan yang kita harapkan itu bisa tercapai. Bisa jadi juga berasal dari dorongan orang tua yang menginginkan kita untuk menjadi seseorang yang sukses, atau malah bisa jadi karena CAPER sama pacar, supaya bisa di bilang pinter. Huuuh, yang terakhir ini jangan di tiru yah? It’s a BIG WRONG ,-“
3.      Hias tempat belajar dengan kata-kata motivasi, menulis target-target yang kita inginkan atau di hiasi dengan hal-hal yang kita sukai
Iya, itu betul banget, kalau kita hias tempatbelajar kita dengan hal-hal yang (+), insya Alloh semangat agar bisa mencapai tujuan yang kita inginkan akan bertambah kuat, yaa pokonya suasana nyaman itu kamu sendiri yang bisa ciptakan. Tapi lain lagi kalau tempat belajar kamu itu kotor, bau, berantakan -_- huuh , boro-boro mau semangat belajar, ngedeketinnya aja ogah, jangan di tiru yah? Kita sebagai remaja yang cerdas harus rajin bersih-bersih (y)
4.      Buat kelompok belajar
Kelompok belajar adalah salah satu cara agar kegiatan belajar lebih semangat. Belajar bersama teman dan bisa saling sharing. Kelompok belajarnya jangan banyak-banyak. Yaa kira-kira 4 orang, karena kalau terlalu banyak, yang ada bukan beajar, tapi malah asyik main hp, ngobrol, foto-foto, dan lainnya.
*Terus, cara belajar kelompoknya gimana?
            Ok, kamu bagi-bagi tugas. Misalnya 1 orang menjelaskan 1 materi , kamu-kamu harus paham dengan materi yang kamu pelajari, anggap saja kalau kamu itu sebagai guru yang akan menjelaskan materi di depan kelas. Kalau masing-masing sudah paham dengan materi yang di pelajarinya, kamu harus bisa menjelaskan materi itu di depan teman kamu, begitu juga yang lainnya. Dengan begitu, kalian akan mengerti tentang materi yang kamu pelajari satu sama lain.
5.      Cari suasana belajar yang baru
Ioya, cara ini bisa kamu pakai kalau kamu bosan dengan tempat biasa kamu belajar. Kamu bisa cari tempat yang nyaman, sejuk, dan pemandangannya indah. Ya contohnya seperti di taman, perpustakaan, teras rumah atau yang lain. Pokonya kamu sendiri yang bisa nentuin nyamannya kamu itu gimana, ok !
            Yoosh, itulah 5 jutsu agar belajar lebih menyenangkan, tapi kalau kamu punya jutsu lain, boleh ko di tambahin di kolom komentar. Semakin banyak semakin baik. Ok deh kalau begitu, makasih yah udah mau baca tulisan ini, dadah.. ^_^

Tidak ada komentar:

Posting Komentar